Hak Makmur, Hak Makan Murah, merupakan sebuah kampanye yang menyuarakan pentingnya harga bahan makanan pokok agar lebih terjangkau bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Keikutsertaan aku dalam kegiatan volunteer kampanye ini adalah bisa semakin aware dengan perekonomian Indonesia, terutama harga bahan makanan pokok. Aku juga membantu kampanye ini agar dikenal dan didukung oleh seluruh masyarakat khususnya mahasiswa.

Dari kegiatan kerelawanan ini, aku banyak menambah ilmu dan karena aku berkuliah di jurusan ekonomi, jadi bisa mempraktikan ilmu yang aku pelajari ke masyarakat luas seperti bertukar pikiran kepada sesama mahasiswa yang aku datangi saat kampanye Hak MakMur tentang situasi perekonomian dan pertanian di Indonesia, harga bahan makanan pokok yang naik, dan cara pemerintah mengatasinya. Selain itu aku juga mengajak mereka untuk ikut berpartisipasi menurunkan harga bahan makanan pokok dengan menandatangani petisi daring dan menyebarluaskannya agar target petisi cepat tercapai.

Selain itu, kegiatan volunteer ini juga menambah pertemanan. Aku mendapat teman baru dari beberapa latar belakang dan pemikiran yang berbeda, jadi bisa berbagi dan nambah pengetahuan. Kegiatan ini, juga menambah pengalamanku untuk berbicara kepada orang banyak dengan menawarkan mahasiswa-mahasiswa dari berbagai kampus untuk berpartisipasi dalam kegiatan Hak MakMur ini. Aku juga mempunyai kesempatan untuk membagikan kertas makanan dan bungkus makanan kepada pedagang-pedagang di sekitar kantin kampus.

Awalnya, aku kesulitan mengikuti kegiatan ini karena belum percaya diri untuk berbicara kepada orang banyak dan mengajak mereka untuk ikut dalam kegiatan ini. Tetapi karena adanya arahan dan teman-teman kelompok yang ikut membantu jadi lebih mudah. Selain itu adanya mahasiswa yang tidak tertarik dan tidak ingin diganggu pada saat jam makan siang menjadi kendala dalam menyampaikan maksud dari Hak MakMur itu sendiri. Selain itu adanya kesulitan dalam menentukan tempat kampanye, karena berada di kampus lain yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Tetapi, hal tersebut yang menambah keseruan dalam mengikuti kegiatan relawan ini, karena aku bisa mengeksplorasi kampus-kampus yang ada di Jakarta, berkenalan dengan mahasiswa-mahasiswa lainnya serta bertukar pikiran dengan sesama mahasiswa.


Bagikan   

CERITA TERKAIT STORIES