Pada Selasa 23 Oktober hingga Rabu 24 Oktober 2018, tiga orang relawan Hak Makmur turun ke Pasar Mampang untuk membagi-bagikan kertas pembungkus makanan kepada lebih dari 30 orang pedagang sembako dan juga pedagang nasi bungkus yang berlokasi di Pasar Mampang. Kegiatan ini adalah kolaborasi Hak Makmur dengan salah satu mitra koalisi, yaitu Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) dan dapat terlaksana atas dukungan dari pengurus Koperasi Pasar Mampang.

Aktivitas pembagian kertas pembungkus makanan ini merupakan bagian dari kampanye Hak Makmur untuk memperkenalkan Hak Makmur kepada masyarakat sekaligus target audience dari kampanye ini, di mana pedagang pasar termasuk salah satu di antaranya. Hal ini mengingat betapa besarnya pengaruh fluktuasi harga bahan makanan pokok di Indonesia juga ketersediaan bahan makanan pokok itu sendiri, bagi kesejahteraan pedagang pasar dan juga keberlangsungan pasar. Di satu sisi, masih begitu panjangnya rantai distribusi, mengakibatkan adanya gap yang begitu tinggi antara harga di produsen dengan harga di pedagang pasar, yang tentu saja memiliki implikasi negatif baik bagi pedagang pasar sendiri maupun konsumen.

Melalui aktivitas ini, relawan Hak Makmur selain menunjukkan solidaritas, sekaligus menjaring aspirasi dari pedagang pasar, di mana beberapa aspek terkait pentingnya kepastian harga, kepastian kualitas dan jumlah bahan makanan pokok, hingga kepastian untuk dapat terus berusaha menjadi satu kunci untuk pangan berkeadilan bagi pedagang pasar, sebagaimana yang pernah dituturkan oleh M.Maulana, Sekjen APPSI, pada offline event Hak Makmur sebelumnya.

Pasar trasidional adalah lokasi kedua yang disasar oleh relawan Hak Makmur, setelah sebelumnya aktivitas pembagian kertas pembungkus makanan ini dilakukan di 23 titik kantor-kantor kementerian dan juga kantor partai politik. Ke depannya, relawan Hak Makmur juga akan turun ke beberapa bilangan universitas yang ada di Jabodetabek, untuk mensosialisasikan mengenai Hak Makmur di kalangan millennial, dan mengapa isu ketahanan pangan merupakan sebuah isu kolektif yang layak untuk mendapat perhatian dari berbagai kalangan, termasuk di antaranya adalah generasi muda.


Bagikan   

CERITA TERKAIT STORIES